Webinar Aplikasi Nanoparticle Tracking Analysis (NTA) dalam Pengembangan Produk Berbasis Nano-Bioteknologi (1 Maret 2022)

Nanobioteknologi adalah disiplin ilmu di mana nanoteknologi dikembangkan dan diterapkan untuk mempelajari fenomena biologis. Mekanisme patofisiologis berbagai penyakit misalnya melibatkan komunikasi antar sistem seluler yang terdiri dari nanopartikel seperti exosomes dan microvesicles berukuran kira-kira 50-500 nanometer (10^-9). Dalam bidang ini nanobioteknologi digunakan untuk inovasi metode deteksi dini dan terapi medis penyakit seperti kanker, kelainan otak dan saraf, diabetes dan lainnya.

Dalam bidang farmasi, kosmetik, makanan, minuman fungsional dan pertanian secara umum, aplikasi nanobioteknologi juga sangat penting dalam menghasilkan berbagai inovasi produk. Dengan teknologi seperti Nanoparticle Tracking Analysis misalnya karakter dan pergerakan nanopartikel yang terkandung di dalam berbagai zat yang berasal atau berinteraksi dalam tubuh manusia, hewan dan tumbuhan dapat diamati.

Pengembangan produk berbasis nanobioteknologi di Indonesia tidak kalah maju dibandingan negara lain. Webinar ini akan berisi paparan terkini mengenai relevansi aplikasi nanobioteknologi di Indonesia khususnya penggunaan teknologi Nanoparticle Tracking Analysis dalam pengembangan produk di berbagai bidang: medis, kosmetik, nutrisi, dan bidang-bidang lainnya.

Webinar Recording

Aplikasi NTA dalam Pengembangan Produk Berbasis Nano-Bioteknologi

Anda dapat menyaksikan rekaman dari webinar Aplikasi Nano Particle Tracking Analysis dalam pengembangan Produk Berbasis Nano-Bioteknologi melalui laman YouTube Dermama Biotechnology.

Participant

Siapa yang cocok mengikuti webinar ini?

01.Peneliti

Para peneliti, inventor, inovator dan pengembang produk di berbagai bidang yang bekerja dengan material alamiah baik biologis maupun non-biologis.

02.Pelaku Bisnis

Pelaku bisnis yang hendak meningkatkan kualitas atau inovasi produk dengan material alamiah baik biologis maupun non-biologis

03.Profesional

Profesional di bidang kedokteran, farmasi, kosmetik, makanan & minuman, dan materialsains secara umum.

Dermama Biotech

Penyelenggara

Sejak didirikan pada tahun 2006 oleh Dr Indah Yulianto-Kampono bersama para team peneliti, Dermama Biotech (DERMAMA) telah berkembang menjadi Clinical-Stage Biotechnology Company yang fokus pada penelitian, pengembangan, uji klinis, dan komersialisasi Exosomes-based dan RNA-based baik untuk pengobatan pada penyakit dan untuk pengembangan produk2 nutrisi fungsional. Kandidat obat biologis menggunakan platform Exosome-based dan RNA-based yand dikembangkan dari fasilitas cGMP dari DERMAMA saat ini sedang menjalani proses uji klinis utk pengobatan pada Covid-19, Wound Healing pada Central Nervous System, dan Wound Healing pada Skin. Kandidat plant-based Exosomes DERMAMA saat ini digunakan untuk pengembangan produk2 nutrisi fungsional untuk menjawab berbagai masalah malnutrisi di masyarakat.

PPNN - ITB

Penyelenggara

PUSAT PENELITIAN NANOSAINS & NANOTEKNOLOGI – INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG (PPNN-ITB), merupakan salah satu pusat penelitian yang didirikan oleh ITB yang fokus pada kegiatan pendidikan dan penelitian di bidang nanosains dan nanoteknologi. Penelitian di PPNN ITB mencakup spektrum yang luas dari disiplin ilmu pengetahuan dan teknologi. Ada 5 (lima) bidang fokus penelitian di PPNN ITB: Nanomaterials, Nanomedicine, Nanodevices, Nanomaterials for Energy, dan Nanobiotechnology. PPNN ITB juga dilengkapi dengan peralatan karakterisasi material mutakhir seperti High-Resolution Transmission Electron Microscope (HRTEM), Focused Ion Beam (FIB), Scanning Electron Microscope (SEM), dan Atomic Force Microscope (AFM) untuk mendukung kegiatan di dalamnya.

Rundown Acara

  • 15.00 - 15.02: Penjelasan acara dan perkenalan oleh moderator. Fitria Dwi Ayuningtyas PhD. - Peneliti Bioteknologi.
  • 15.02 - 15.05: Pembukaan oleh Pimpinan PPNN-ITB Prof. Dr. apt. Heni Rachmawati M.Si.
  • 15.05 - 15.25: Topik 1 ``Pengembangan terapi medis berbasis nano bioteknologi.`` oleh Prof. dr. Sofia Mubarika Haryana M.Med.Sc Ph.D - Program Studi Magister Ilmu Biomedik Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UNIVERSITAS GADJAH MADA
  • 15.25 - 15.45: Topik 2 ``Peran data hasil analisis nanoparticle tracking dalam riset produk eksosom di bidang kesehatan nutrisi dan kosmetik`` oleh Dr. Anggraini Barlian - Sekolah Ilmu & Teknologi Hayati ITB (SITH-ITB); Pusat Penelitian Nanosains & Nanoteknologi (PPNN) Institut Teknologi Bandung.
  • 15.45 - 16.05: Topik 3 ``Aplikasi NTA dalam inovasi produk berbasis nanoteknologi di bidang kesehatan nutrisi dan kosmetik.`` oleh Prof. Dr.Nurul Taufiqu Rochman M.Eng - Kepala Pusat Penelitian Metalurgi dan Material LIPI Pendiri PT Nanotech Indonesia Global
  • 16.05 - 16.25: Topik 4 ``Improved Visualization Counting and Sizing of Polydisperse Nanoparticle Colloids`` oleh Faizan Masood PhD. - Horiba Scientific USA
  • 16.25 - 16.35: Topik 5 ``Layanan pengujian NTA di Dermama Bioteknologi`` oleh Wiwit Ridhani Rahmaniyah M.Si. Ka.Unit Analisa Biomaterial Dermama Bioteknologi.
  • 16.35 - 17.00: Tanya jawab dan diskusi

Leave a Reply

Your email address will not be published.